PELUANG USAHA BETERNAK MERPATI HIAS

Peluang Usaha


Merpati hias saat ini sangat populer di berbagai daerah di indonesia . Dulu merpati hias jarang peminatnya , bahkan banyak yang tidak tau tentang adanya merpati hias.
Di saat ini sudah banyak yang memanfaatkan popularitas merpati hias . Banyak peternak burung yang beralih untuk beternak merpati hias. Banyak juga yang sudah merasakan hasil dari merpati hias .

Tren merpati hias di memuncak pada Tahun 2012-2014 , hampir semua jenis merpati hias sudah menyebar di berbagai daerah.
Untuk harga merpati hias jenis lokal di tahun 2015 cenderung menurun , itu disebabkan karena meningkatnya populasi yang sangat signifikan untuk jenis varian tertentu seperti Fantail/kipas , King , Gondok dll .

Dulu peternak masih jarang ditemukan ,dan jenis merpati hiaspun masih tergolong langka , namun sekarang banyak yang ikut beternak logikanya kalau semua beternak terus siapa yang beli ?
Selain itu menurunya harga juga disebabkan oleh menurunya kualitas dari merpati hias itu sendiri.

Tidak sampai disitu , peternak tidak pernah kehabisan akal , saat ini mereka mulai beternak merpati hias impor , harga awal memang sangat tinggi , karena produk impor memang bagus bagus , dan masih langka di indonesia .

Tapi jangan kawatir kalau kita ingin memulai belum terlambat kok , tidak perlu mengejar tren saja . kalau jangka panjang masih sangat menguntungkan . karena harga merpati hias tidak akan lebih murah dibanding merpati konsumsi .

Kuncinya kalau ingin beternak harus bisa menjaga kualitas , jangan seperti peternak yang semata mata mengejar uang , mereka lebih mengutamakan kuantitas .itu yang menyebabkan harga hancur.

Nah untuk teman teman dunia parkit , ini perkiraan perhitungan modal awal dan pendapatan :

A. Investasi
- kandang       Rp. 2.000.000
- Induk 15 pasang @ 1 juta               Rp. 15.000.000
Total : 17.000.000

B. Biaya Operasional tiap bulan
- Pakan                 Rp. 500.000

C. OMZET
- Hasil penjualan anakan ( 1 Pasang indukan menghasilkan 1 pasang anakan. 1 bulan panen 2 kali ) @ 500.000 Jadi total nya adalah 15 juta/bulan dari hasil penjualan anakan.

15.000.000-500.000 = 16.500.000 / bulan .

Wow besar juga ya . memang betul , sudah banyak yang berhasil dan sukses beternak merpati hias , penghasilan sebanyak itu sangatlah mungkin  didapatkan asal tau kuncinya.

Yang paling penting adalah pemasaran , untuk bisa menjual hasil anakan kita harus mempunyai banyak relasi. salah satu caranya adalah bergabung dengan komunitas 2 pecinta merpati hias.

Related Posts:

3 Responses to "PELUANG USAHA BETERNAK MERPATI HIAS"

  1. Mas, piara merpati ngga susah, juga ngga mahal2 banget... tapi masalah yang aku rasakan adalah sukarnya buat dapetin varietas2 merpati yang berkualitas, yang origin... Apalagi aku yang jauh di Parepare (Sulsel). Gimana ya, saran kakak-kakak? From HARE

    ReplyDelete
  2. Iya, kebanyakan sekarang kualitas menurun karna tidak sedikit peternak yang mengawin silangkan merpati import sama lokal. Untuk kirim ke sulawesi memang membutuhkan dana yang lebih untuk biaya ongkir, tp kalau memang sudah besar keingiinan untuk mendapatkanya menurut saya tidak jadi masalah.

    ReplyDelete
  3. Tetima kasih banyak ya info dan analisa usahanya..penggemar merpati banyak peminatnya aamiin..

    ReplyDelete